08 Januari 2009

Ranking Webometrics Universitas Padjadjaran

Nugraha Setiawan

Perankingan perguruan tinggi yang paling mutakhir dilakukan oleh Webometrics, telah dilakukan pada bulan Juli 2008, selanjutnya akan dilakukan perankingan kembali pada bulan Januari 2009. Dari sekitar 16.000 perguruan tinggi di dunia ternyata Unpad hanya menduduki ranking ke-4110 saja. Walaupun perankingan yang dilakukan Webometrics bukan untuk menilai kinerja institusi, tetapi hanya untuk menilai kinerja bagaimana universitas tersebut mempublikasikan dirinya di jagat maya, namun menurut saya hal itu sangat penting untuk menjadi perhatian, kalau Unpad ingin lebih dikenal oleh masyarakat dunia. Apalagi Unpad telah mencanangkan menjadi World Class University.
Di tingkat Asia saja Unpad tidak masuk ranking 100 besar, perguruan tinggi Indonesia yang masuk peringkat hanya UGM (ranking 74 Asia, 819 dunia) dan ITB (ranking 78 Asia, 826 dunia). Bahkan di tingkat nasional, Unpad hanya menduduki ranking ke-16, dikalahkan oleh USU, Unhas, bahkan Universitas Lampung.
Dalam metodologinya Webometrics memakai 4 kriteria penilaian. 1. Size (S), banyaknya halaman yang dapat dicari oleh searching engine Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead. 2. Visibility (V), banyaknya unique external links yang dapat diakses. 3. Rich File (R), penilaian terhadap aktivitas akademik dan banyaknya publikasi baik dalam bentuk pdf, ps, doc, maupun ppt. 4. Scholar (Sc), banyaknya paper, laporan penelitian, dan sitasi.Untuk masing-masing kriteria, Unpad memiliki ranking: 3156 (S), 3689 (V), 5141 (R), dan 8712 (Sc). Jadi yang perlu banyak mendapat perhatian, Unpad dalam situsnya harus lebih memperbanyak mempublikasikan karya ilmiah, hasil penelitian, dan karya-karya akademik lainnya yang bermutu agar banyak disitasi orang.
Kita tunggu, bagaimana hasil perankingan yang akan dilakukan pada bulan ini, Januari 2009, semoga menjadi lebih baik

Tidak ada komentar: