26 Januari 2009

Unpad Ranking 5 Nasional “Web Popularity Ranking”

Nugraha Setiawan
Pada awal semester ke-1 tahun 2009 Universitas Padjadjaran memperoleh kedudukan bergengsi untuk “Web Popularity Ranking”, karena berhasil masuk posisi 5 besar pada tingkat nasional setelah ITB, UGM, UI, dan Unibraw. Walaupun kedudukan yang cukup bergengsi pada tingkat nasional itu belum bisa berbicara pada tingkat Asia apalagi Dunia. Perguruan Tinggi yang masuk 100 besar tingkat Asia hanya ada dua yaitu ITB (7) dan UGM (28), bahkan kedua PT tersebut sudah dapat menembus 200 besar dunia, ITB (23) dan UGM (146).
Hasil perankingan perguruan tinggi di jagat virtual itu dilakukan oleh “4icu.org”, salah satu organisasi independen yang melakukan perankingan popularitas web selain Webometrics. Webometrics yang rencananya akan mempublikasikan perankingannya pada hari ini Senin 26 Januari 2009, belum juga merealisasinya, sampai dipostingnya tulisan ini.
Saya kira hasil perankingan ini juga patut dipertimbangkan, karena “4icu.org” memaparkan metodologi perankingan dengan gamblang dan dapat dipertanggungjawabkan. Metode yang dipakai didasarkan perhitungan yang mencakup web metriks independen dan unbias yang diekstraksi dari tiga search engines yang berbeda yaitu Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank. Mencakup 8750 college dan universitas dari 200 negara. Data yang diperoleh diupdate setiap bulan, dan dilakukan publikasi hasil perangkingan setiap semester.
Ke depan, mudah-mudahan Unpad bisa lebih berjaya, dengan dukungan pimpinan universitas yang sangat konsern terhadap pemanfaatan internet untuk kemajuan dan perkembangan universitasnya.

List of top Colleges and Universities in Indonesia - Rankings by web popularity

Tidak ada komentar: