12 Maret 2009

Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya

Nugraha Setiawan
Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh para peneliti ketika akan melakukan suatu penelitian adalah, “berapa besar ukuran sampel yang sebaiknya harus diambil, agar sampel tersebut dapat merepresentasikan populasinya”. Peneliti sering dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan metode, teknik, cara-cara, maupun rumus-rumus untuk menentukan ukuran sampel, namun tidak tahu mana yang sebaiknya harus mereka pilih.
Jalan pintas yang sering diambil adalah, mencari cara-cara penentuan ukuran sampel dengan memakai pendekatan statistika yang praktis dan sederhana, namun karena kepraktisannya itu justru penerapannya acap kali salah. Hal tersebut seiring dengan banyak terbitnya buku-buku metodologi penelitian yang didalamnya memasukan bahasan tentang sampling, tetapi tidak memberi penjelasan lebih detil mengenai konsep-konsep dasar dan asumsi-asumsi yang menjadi landasan dari pembuatan rumus-rumusnya.
Dari aspek aplikasi dan kepraktisan misalnya, rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan memang sangat mudah dan sederhana, walau sering kali salah dalam menerapkannya. Misalnya ada peneliti yang memakai rumus Slovin atau Tabel Krejcie-Morgan untuk penelitian yang menggunakan analisis regresi dengan skala pengukuran rasio.
Tulisan lengkap: Download di Pustaka Unpad (pdf)

8 komentar:

Kesehatan Masyarakat mengatakan...

Terima kasih pak nugraha atas tulisannya. Kebetulan saat ini saya sedang menentukan besar sampel untuk penelitian saya mengenai abnormalitas lemak di Kabupaten Bantul.

Nugraha Setiawan mengatakan...

Terimkasih Bu dr. Maftuhah Nurbeti, jika ibu berkenan membaca tulisan saya, semoga ada manfaatnya.
Sukses untuk penelitian yang sedang ibu kerjakan.

Amin mengatakan...

Tks Pak infonya

Abdul Sidik mengatakan...

terima kasih pak dosen, tulisannya sangat membantu, mudah-mudahan bisa kerjasama saling isi artikel...

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum pak, sy dwi hartejo, kalbar.

sy trtarik dg tulisan bapak ttg sampel penelitian.
sy mau tanya pak, sy akan mlaksanakan pnlitian ttg kerapatan tanaman, bgmna mnntukan titik utama petak pnlitian, lalu mnntukan letak petak ulangannya.

sy brdsarkan obsrvasi awal, mnntukan 3 petak utama, yg sy bingung mnntukan petak ulngannya.

mohon bpak balas k e-mail sy di ps_sekadau@yahoo.com

terima kasih sblmny pak.

:)

Unknown mengatakan...

pak jika populasinya hanya 75 orang maka sampelnya berapa ya, cara menghitungnya bagaimana. penelitian non eksperimen memakai tingkat signifikan 5%. Terimakasih

Unknown mengatakan...

Pak, jika populasi saya 180 maka populasi yg harus saya ambil berdasarkan tabel krecjie dan morgan 123 org ya pak. Tapi bagaimana cara memasukkan data pada rumus ny pak agar saya bisa mnemukan hasil sampel nya?. Terima kasih sebelumnya pak

INFO POJOK mengatakan...

ya intinya itu bro... saya mau cari buku yang membahas tentang tabel kricjie, buku apa ya ??